Blogging · SEO

Halaman Pertama Google: Konsep Dasar Untuk Blog/Website

Membuat blog/website muncul di halaman pertama Google adalah impian setiap blogger dan webmaster. Tapi bagaimanakah caranya? Tentunya dengan menerapkan teknik Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat SEO.

Halaman Pertama Google
Mau Masuk Halaman Pertama Google?

SEO merupakan teknik wajib yang harus dipelajari setiap blogger dan webmaster, karena itulah yang akan menentukan reputasi kamu. Namun sayangnya, belajar teori dan praktik SEO butuh waktu, pikiran dan tenaga yang tidak sedikit.

Alhasil, praktik ini sering membuat orang-orang merasa frustasi karena blog/websitenya tak muncul-muncul di halaman pertama Google.

Oleh karena itu, pada postingan pertama blog DaengSEO ini, saya akan menjelaskan:

Konsep Dasar untuk Masuk di Halaman Pertama Google

Semua cara yang kamu lakukan dengan menggunakan teknik SEO sepertinya sia-sia. Wajar saja kalau itu membuatmu merasa bosan dengan penjelasan-penjelasan dasar soal teori SEO.

Akhirnya kamu mulai mencari-cari jalan pintas agar blog kamu bisa tampil di halaman pertama google. Ada yang mulai membayar jasa, membeli nuku mahal tentang SEO hingga membeli software khusus.

Tapi, apa kamu bisa percaya dengan semua tawaran tersebut setelah mengalami beberapa KEGAGALAN dalam praktik SEO?

Asal kamu tahu, sangat kecil kemungkinan blog/website yang baru saja dikembangkan bisa langsung mendapat tempat di halaman pertama Google. Kalau ada orang yang menawarkan hal-hal seperti ini, maka kemungkinannya ada dua.

Pertama, hasilnya memang sukses, tapi resikonya sangat tinggi. Resiko yang saya maksud adalah pemblokiran dari Google karena teknik yang diterapkan melanggar peraturan.

Kedua, jasa atau penawaran tersebut palsu atau bohongan.

Jadi, apakah tidak ada peluang sekecil pun bagi pemula untuk menempati halaman pertama Google?

Bukan tidak mungkin sebuah blog/website yang baru dibuat langsung bisa menempati peringkat tinggi di Google. Tapi, bisa saya pastikan bahwa prosesnya membutuhkan kesabaran ekstra dan strategi yang harus diterapkan secara disiplin.

Mula-mula, kamu bisa menargetkan halaman pertama terlebih dahulu. Setelah itu, baru bisa kamu lanjutkan dengan terus meningkatkan kualitas konten kamu hingga kamu berada di peringkat 1 google.

Target di atas memang tidak mudah, tapi hampir semua orang bisa melakukannya dengan menerapkan teknik yang akan saya ungkapkan berikut. Tapi, sebelum saya menjelaskannya, kamu harus tahu dulu bahwa teknik ini:

  1. Waktu yang dibutuhkan. Normalnya antara 3-5 bulan, bahkan bisa lebih.
  2. Tidak memerlukan software.
  3. Gratis. Tak usah pakai jasa professional atau membeli paket SEO yang belum pasti sukses.

Langsung saja kita mulai penjelasannya ….

Perencanaan dan Pengembangan Awal

Kesulitan terbesar dalam tahap ini adalah bagaimana kamu bisa memulainya dan tetap konsisten. Karena itu, rencanakanlah strategi kamu dengan sebaik-baiknya dalam format yang jelas dan terperinci.

Maksudnya, kamu harus punya struktur rencana pengembangan dan pengelolaan konten yang ada dalam blog/website kamu untuk menargetkan peringkat 10 besar Google.

Berikut contoh perencanaan yang bisa kamu ikuti.

Cara Masuk Halaman Pertama Google
Tahap-Tahap Perencanaan dan Pengembangan Konten
  1. Menentukan Keyword

Awalan yang sulit jika kamu baru kali ini benar-benar serius membangun blog/website.

Memilih keyword sebetulnya gampang-gampang susah. Kamu bisa menentukannya dari visi dan misi blog yang saat ini kamu kelola. Dari topik utama, kamu bisa mulai mengembangkannya.

Setelah itu, keyword membutuhkan konten yang tepat dan terbaik. Sebagai permulaan, kamu bisa memilih satu saja keyword yang ingin kamu pakai. Lalu coba buat kontennya.

Detail dan sangat spesifik, dua hal inilah yang harus kamu perhatikan saat membuat konten berdasarkan keyword yang kamu pilih.

  1. Melakukan Riset dan Pengumpulan Data untuk Konten

Tak mungkin kita bisa membuat konten berkualitas tanpa melakukan ini. Caranya, kamu cukup mengetikkan keyword kamu di Google.

Kemudian, coba lihat 5 konten teratas yang ada dan perhatikan baik-baik apa saja yang ditampilkan. Lalu catatlah sejumlah poin penting yang membedakan kelima konten tersebut. Juga catat keunggulan dan kekurangan kontennya.

Dari situ, cobalah buat konten berdasarkan catatan kamu dengan menggabungkan keunggulan konten yang ada dan mengisi setiap kekurangannya di blog kamu.

  1. Optimalisasi Konten

Materi dalam kontenmu harus lebih bermutu dan berkualitas tinggi serta tidak sembarang memasang keyword. Hal ini akan saya bahas lebih lanjut disini. Terus baca!!

  1. Optimalisasi Backlink

Rencanakan optimalisasi backlink seperti yang akan saya bahas di bawah ini.

  1. Strategi Promosi

Buat skema dan jadwal promosi yang efisien dan efektif untuk meningkatkan popularitas konten dalam blog/website kamu.

Meningkatkan Kualitas Blog/Website

Masuk di Halaman Pertama
Indikator Penentu Mutu Blog/Web

Terserah kamu, mau melakukan ini sesudah membuat perencanaan atau sebelum membuat perencanaan. Saya sendiri melakukannya sesudah melakukan perencanaan awal.

Ingat ya, hanya PERENCANAAN dulu, jangan langsung melakukan PRAKTEK.

Kenapa? Karena sebelum kamu melakukan praktek, pastikan dulu bahwa mutu blog/website kamu sudah berkualitas.

Apa indikator kualitas sebuah blog/website? Untuk menjawabnya, kamu harus memposisikan dirimu sebagai pengunjung blog/website.

Sebagai orang yang terbiasa mengakses internet, kamu pasti sering-sering mengakses blog/website lain. Dari kebiasaan itu, apakah yang membuat kamu merasa puas saat mengunjungi sebuah tautan?

Secara umum ada 3 hal yang menyebabkan kepuasan seorang pengakses blog/website, yaitu:

  1. Akses Cepat
  2. Desain
  3. Konten

Kalau masalah konten, saya yakin hampir semua orang setuju. Tapi untuk dua hal pertama yang saya sebut di atas juga sangat berdampak pada faktor kepuasan.

Saat kamu klik sebuah blog/website, apakah proses loading-nya lambat, cepat atau standar? Ingat, bukan karena faktor jaringan internetmu tetapi sistem dari blog/website itu.

Jika kamu baru mengakses beranda saja sudah minta ampun lamanya, bagaimana kamu bisa merasa puas dengan blog/website itu?

Setelah nyaman mengaksesnya, kamu pasti mulai mengamati desain dan navigasinya. Apakah desainnya bisa membuat kamu nyaman atau justru malah mengganggu?

Jika kamu sendiri merasa bingung dengan navigasi dan daftar menu pada sebuah blog/website bisa membuat kamu tersesat.

Intinya, cobalah untuk mengubah sudut pandangmu sebagai pengakses.

Setelah meningkatkan mutu, barulah kita bisa lanjut ke bagian praktek. Dan karena menurut saya masalah melakukan riset sudah cukup jelas saya terangkan di awal tadi, jadi saya akan melewatinya.

Sementara untuk masalah menentukan keyword menurut saya terlalu panjang untuk dijelaskan disini, jadi topik itu saya loncat dulu dan akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Optimalisasi Konten di Blog/Website

Apa sih yang menurut kamu penting dalam sebuah konten di blog/website? Kuantitas atau kualitas?

Kalau jawabannya kualitas, ada cukup banyak blog/website dengan konten bermutu. Ironisnya, mereka tak bisa menempati halaman pertama di Google.

Sebaliknya, jumlah konten yang bejibun (kuantitas) dalam sebuah blog/website ternyata juga tak menjamin keberhasilan untuk masuk di halaman pertama.

Kenapa Bisa? Apa yang terjadi?

Saya menduga kalau persoalan utamanya terletak pada keyword. Betul. Namun tujuan tadi juga tidak langsung bisa kita capai meskipun keyword yang kita pilih sudah bagus.

Oke, kita lanjut …

Saat ini, kebanyakan blogger dan webmaster di Indonesia masih beranggapan bahwa yang dimaksud konten adalah artikel. Faktanya, konten bisa saja hanya berupa video atau gambar.

Dan tentu saja keyword yang kita targetkan tetap bisa diterapkan dengan menaruhnya di bagian pengantar dari video atau gambar tersebut.

Artinya, keyword yang kamu gunakan sudah disesuaikan oleh Google sesuai kebutuhan para pengakses internet.

Contohnya, keyword “turun bobot dalam sebulan”.

Kamu mungkin sudah tahu bahwa ada jutaan artikel yang memuat keyword tersebut. Parahnya, kebanyakan artikel tersebut memuat artikel dengan isi yang cenderung sama.

Dengan isi yang sama (hasil copy paste atau cuma sekedar rewrite), akan menurunkan kualitas konten kamu.

Justru sebagai orang yang membidik keyword tersebut, kamu harus memahami keyword tersebut. Jangan asal copas atau rewrite saja.

Sampai sini, apa ada yang mau ditanyakan? Kalau iya, silahkan isi form di bawah ini. Gak mau bertanya? Sekedar menyapa juga boleh.

Lanjut lagi penjelasannya …

Dari contoh keyword tadi, bisa kita tahu kalau pencarinya adalah orang-orang yang butuh penjelasan praktis dan mudah dimengerti.

Jadi, kalau kamu hanya memberikan penjelasan umum saja, kebanyakan orang sudah tahu bukan?

Nah, karena itu kamu bisa coba mengembangkan lagi keyword tersebut dengan wujud konten yang unik, eksploratif dan benar-benar informatif. Caranya?

Bisa dengan membuat artikel berkualitas tinggi atau kamu bisa menyajikan kontennya dengan gambar maupun video.

Kamu bisa memperlihatkan jenis-jenis makanan untuk menurunkan berat badan jika ingin menyajikan kontennya dengan gambar.

Atau kamu bisa membuat video tentang cara menurunkan bobot badan, seperti menyajikan tutorial olahraga atau gerakan yang bisa menurunkan bobot badan.

Dan kamu juga bisa membuat artikel berkualitas dengan melakukan apa yang sudah saya jelaskan pada bagian perencanaan awal pada poin melakukan riset.

Halaman Pertama Google
Konten Berkualitas adalah cara termudah untuk mendapatkan Backlink

Biasanya juga ketika melakukan pencarian keyword, yang banyak muncul malah produk. Untuk keyword yang saat ini kita bahas sendiri, produk juga merupakan salah satu saingan terberat.

Tapi jangan minder dulu, karena dari setiap keyword pasti tetap tersisa beberapa ruang-ruang kosong yang jarang ditemukan para pengaksesnya. Teruslah melakukan eksplorasi!!

Jadi intinya adalah cobalah membuat konten dengan gaya unik, informatif dan tidak membosankan.

Karena konten-konten seperti itu akan membuat blog/website kamu lebih bermutu.

Tips tambahan: Penempatan Keyword pada Judul dan URL

Bisa dibilang ini salah satu metode yang sangat mendasar dan sederhana yang jika kamu amati rata-rata blogger dan webmaster sering menggunakannya.

Penempatan keyword di judul halaman semacam menjadi kewajiban karena itulah pintu pertama yang sekiranya bisa menarik perhatian para pengunjung blog/website.

Namun, yang lebih krusial lagi adalah keyword di URL alias tautan kontenmu. Dari situlah Google akan mengindeks kontenmu, dan bisa mempengaruhi ranking kamu.

Dari contoh keyword tadi, mungkin kamu bisa bikin alamat URL seperti www(dot)blogkamu(dot)com/turun-bobot-dalam-sebulan. Gitu!!

Nah, itu hanya penjelasan awalnya saja, untuk informasi lebih lengkap dan mendalam tentang cara optimisasi konten, terus stay tune di blog Daeng SEO.

Cara Agar Mudah Mendapatkan Backlink

Kalau saya bertanya:

Apa yang paling mempengaruhi posisi blog/website kita di Google?

Jawabannya jelas adalah backlink.

Tapi, kenapa sudah banyak backlink yang kita buat namun sampai sekarang blog/website kita belum menempati posisi di halaman pertama Google?

Berarti ada yang tak beres dengan backlink yang kamu buat.

Justru, pemakain backlink yang berlebihan justru bisa berdampak negatif pada blog/website. Memangnya apa sih yang saya maksud “berlebihan” itu?

Contohnya seperti:

Pemasangan backlink di kolom komentar web/blog lain dengan metode spamming.

Menempati posisi di halaman pertama Google Contoh Komentar SPAM, yaitu komentarnya Mbak Desy

Yang satu ini benar-benar bisa membuat blog kamu tidak akan pernah duduk di halaman pertama Google. Google saat ini sudah mulai memberantas semua backlink yang menggunakan metode seperti ini.

Kamu boleh-boleh saja berkomentar, asalkan isi komentarnya berkualitas. Bukan hanya sekedar spamming seperti nice posting, artikel yang bagus dan sebagainya.

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang diberikan langsung oleh blog/website lain. Jadi, blog/web lain itu seperti merekomendasikan blog/website kita kepada pengunjungnya.

Syaratnya seperti yang sudah saya bahas di atas.

Konten blog/website kamu memang harus informatif alias berkualitas tinggi. Jadi, pihak lain pun tak akan ragu untuk membagikan dan merekomendasikan tautanmu.

Dan untuk itu, saya akan membagikan beberapa tips agar kamu mudah mendapatkan backlink untuk blog/website kamu:

A. Menjadi Sumber Referensi

Langkah ini cukup sulit, apalagi untuk blog/website dengan tema yang cenderung umum dijumpai. Tapi, dengan cara ini kamu bisa mendapatkan banyak backlink.

Sederhananya, konten kamu bisa dijadikan referensi oleh orang lain untuk menjelaskan sesuatu. Contohnya, dalam forum online seperti KasKus yang selalu menghadirkan thread dengan kolom komentar dan diskusi yang ramai.

Alih-alih menulis ulang atau menyalin sebuah artikel dari blog/website kamu, orang-orang pasti merasa jauh lebih praktis dengan memasang tautan yang mengarah langsung ke konten kamu.

Itulah sebabnya kamu dituntut supaya bisa membuat konten-konten yang bisa dijadikan referensi oleh orang lain.

Bagaimanakah caranya? Buatlah konten yang spefisifik dan hindari konten yang berbau terlalu umum.

Dan juga, saat membuat/menulis konten, pikirkanlah bahwa apa yang hendak kamu tulis itu memang bisa bermanfaat dan dijadikan acuan oleh para pengguna internet.

B. Menyajikan Data dan Statistik

Membuat konten yang memuat data dan statistik terpercaya bisa membuat blog/website kamu menjadi lebih bermutu. Dan dengan itu, backlink pun akan semakin mudah didapatkan.

Konten kamu bisa jadi terlihat lebih unik dan menarik jika kamu menyajikan beberapa data dan statistik. Konten akan terasa membosankan jika hanya berisi kalimat-kalimat saja.

Betul bukan?

Tapi kamu harus ingat, data atau statistik yang dicantumkan tidak dibuat secara asal-asalan. Dan juga, hindari pencantuman data/statistik yang kesannya dipaksakan.

C. Mewakili Golongan/Kelompok Tertentu

Kamu akan lebih gampang untuk mendapatkan page 1 Google kalau blog/website yang kamu buat memiliki niche/topik khusus yang mewakili golongan tertentu. Apalagi kalau pesaingnya sedikit.

Yang saya maksud adalah konten yang kamu buat dianggap bisa mempresentasikan dan membanggakan (atau sebaliknya) golongan tertentu.

Contohnya? Bisa dengan membuat konten dengan judul seperti ini:

Penggemar Musik Metal Ternyata Punya IQ di Atas Rata-Rata

Saya rasa jelas sekali kalau konten di atas dipastikan bisa membanggakan para pecinta musik metal.

Dan juga sangat jelas sekali, bahwa setiap pecinta musik metal yang membaca konten kamu pasti punya minat untuk membagikan tautan dari blog/website kamu.

Bahkan bisa jadi ada sekelompok orang yang tak suka dengan konten kamu, dan malah membagikan tautan kontenmu dengan tujuan membantah atau membuka diskusi.

Dari situlah kamu akan mendapatkan banyak backlink dengan mudah. Simpel bukan??

D. Bukan Pengulangan alias Mengandung Informasi yang Sama

Berhati-hatilah, karena bahkan sebuah blog/website professional pun terkadang sulit menghindarkan diri dari masalah yang satu ini.

Jangan Cuma melakukan rewrite, apalagi kalau cuma sekedar copy paste, meski kamu sudah mencantumkan sumber aslinya. Resiko ini memang sangat sulit dihindari.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada celah bagi kamu untuk bisa mengakalinya.

Logikanya begini, seorang pembaca butuh unsur “kebaruan” dan informatif dalam konten yang akan dibacanya. Jika kamu hanya me-rewrite, kemungkinan besar orang tadi sudah pernah membacanya di website/blog lain juga.

Alhasil, meskipun isinya terlihat berbeda, intinya tetap sama. Itu akan membuat blog/website kamu terlihat tidak berkredibilitas.

Sebaliknya, jika sebelumnya kamu sudah melakukan riset dan observasi, maka konten yang kamu hasilkan akan unik. Dan dengan itu, backlink akan lebih mudah mengalir ke blog/website kamu.

E. Membuat Konten yang Aplikatif

Langkah yang satu ada di level yang cukup sulit. Kenapa?

Karena tidak setiap topik memerlukan yang namanya PRAKTEK. Beberapa topik hanya bersifat informatif saja, seperti data. Jadi, telitilah saat kamu mengkategorikan konten di blog/websitemu.

Namun, jika konten yang hendak kamu buat itu memungkinkan untuk diberikan contoh, BERIKAN !!

Misalnya, konten yang akan kamu buat tentang “menggambar manga”. Ketika rata-rata blog/website lain hanya menampilkan gambar/foto, kamu bisa mencoba untuk membuat video tutorialnya.

Tentunya para pengunjung akan lebih tertarik dengan konsep video tutorial daripada gambar. Betul tidak??

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan backlink dari konten yang seperti ini?

Ingat!! Dengan konten berkualitas, backlink akan mudah didapatkan.

F. Melakukan Kerjasama dengan Web/Blog Lain

Memang para blogger dan webmaster lain adalah sainganmu, apalagi yang topiknya sama. Tapi, bukan berarti mereka adalah pihak-pihak yang harus kamu musuhi.

Cobalah membangun hubungan positif dengan sesame pemilik blog/website. Setelah itu coba lakukan kerja sama untuk saling menukar backlink.

Asal tahu saja, cara seperti ini sangat berguna untuk membesarkan blog/website kamu, apalagi untuk mendapatkan backlink.

Masalahnya, siapa yang harus memulai?

Kalau blog/website kamu masih terbilang baru, maka cobalah bersikap rendah hati dengan bermain sebagai PEMULA. Cobalah pasang tautan dari blog/website lain yang punya topik relevan.

Hal itu akan menumbuhkan sikapsaling percaya di antara para blogger dan webmaster. Tapi sekali lagi, INGAT!!

Supaya orang itu bersedia memberikan backlink balasan, pastikan dulu kontenmu memang layak dan bermutu untuk dibagikan.

Sebaliknya, kalau ada blogger dan webmaster yang memberimu backlink, balaslah dengan cara yang sama. Cari atau buatlah konten yang relevan untuk dipasangi backlink ke mereka.

Kerja sama untuk Halaman Pertama di Google
Cara Mengadakan Kerja Sama dengan Daeng

G. Bernilai alias Punya Aset Bagus

Terkait dengan usaha membuat konten berkualitas agar mudah mendapatkan backlink, kamu harus membuat blog/website kamu punya aset yang bernilai.

Apa saja yang disebut “aset bernilai”? Contohnya:

  1. Foto, gambar, video, atau beragam ilustrasi visual yang bisa menunjang konten/
  1. File eksternal seperti ebook, PDF, atau word yang bisa diunduh oleh pengakses.
  1. Plugin, template, atau file-file yang umumnya berkaitan dengan topik website development.
  1. Software, aplikasi, dan berbagai fitur yang juga bisa diunduh dan terkait konten utamamu.

Yang lebih penting lagi, cobalah sebisa mungkin untuk menyediakan aset-aset tersebut secara gratis. Karena, kecenderungan di internet selalu bersifat gratis.

Dijamin, reputasi blog/website kamu akan meningkat.

Selain itu, pastikan bahwa semua file yang kamu sediakan itu original dan bukan milik orang lain.

Jika memang kebetulan file yang akan kamu bagikan milik orang lain, jangan lupa minta ijin dulu. Oiya, cantumkan juga sumber tautan aslinya.

H. Buat Sesuatu yang “Kontroversial”

Hati-hati dengan langkah yang satu ini. Kamu harus benar-benar tahu apa yang saya maksud di sini.

Jangan samakan kata “kontroversial” dengan usaha menyebarkan hoax atau info palsu apalagi yang berbau hatespeech alias membangun kebencian.

Maksud dari langkah ini adalah membuat konten yang bisa menarik perhatian banyak pengunjung sehingga mereka bisa berdiskusi dan menyampaikan pendapatnya.

Intinya, bikin konten yang kontroversial tapi isinya jangan dibuat-buat. Kalau bisa, sertakan data dan informasi yang bisa membuktikannya. Selain itu, isi blog/website kamu juga harus argumentatif.

Strategi Promosi yang Tepat

Setelah kamu mengetahui cara mengoptimalkan website/blog kamu agar lebih mudah untuk mendapat backlink, saya akan membahas sedikit masalah “Strategi Promosi”.

Saya hanya akan membahas 2 metode promosi yang paling ampuh untuk membuat blog/website kamu terkenal, yaitu:

  1. Menggunakan Media Sosial
  2. Dengan Guest Blogging

Untuk penjelasan lebih lengkap dan mendalam mengenai strategi promosi yang tepat, akan saya ungkapkan di postingan mendatang. Terus pantau blog SEO terakurat, Daeng SEO.

  1. Strategi Promosi Menggunakan Media Sosial

Untuk menempatkan blog/website kamu di halaman pertama Google, maka kamu harus menerapkan strategi promosi yang baik.

Sayangnya, kebanyakan blogger dan webmaster salah memahami teknik promosi di media sosial. Ya!! SANGAT BANYAK.

Contohnya begini, kamu baru saja membuat blog/website dan rajin meng-upload konten-konten pada blog/website itu.

Pastinya, kamu juga membagikan link website/blog tadi ke sejumlah media sosial. Ada Facebook, Twitter, Google Plus dan sebagainya.

Setiap kali blog/website itu meng-update konten, pasti tautan konten yang terbaru tadi akan langsung disebar di seluruh platform sosial media. Pertanyaannya:

Apakah benar kalau kamu melakukan cara di atas?

Jawabannya BENAR, sangat benar!!

Tapi, apakah hanya begitu saja?

Jawabannya tentu TIDAK.

Asal kamu tahu saja, promosi itu sifatnya bukan hanya sekali lalu selesai. Promosi yang benar adalah promosi yang dilakukan berulang-ulang dan intensif.

Untuk itu, saya sangat menyarankan untuk membuat jadwal promosi di beberapa sosial media yang kamu punya. Karena sebagus apa pun konten yang kamu miliki, kalau tidak ada yang baca, iya PERCUMA saja.

Jadi agar lebih efektif, kamu harus punya target dalam berpromosi. Sesuai dengan tema artikel yang saya sampaikan, harusnya kamu tahu apa target kita kali ini?

YA. Menempatkan blog/website di halaman pertama Google.

Capai target tersebut semaksimal mingkin dengan program promosi yang intensif. Jangan pernah mengendorkan jadwal yang sudah kamu buat.

Ingat ya!! Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu gunakan untuk berpromosi, bukan hanya dari sosial media. Contohnya ada forum online seperti KasKus. Tinggal kamu sesuaikan saja, mana yang menurut kamu mudah dan efektif.

Usahakan bergabung di forum atau grup FB tidak hanya satu saja. Selain KasKus, masih banyak kok forum online yang bisa dijadikan sebagai sarana berpromosi.

Selain itu, manfaatkanlah ruang-ruang grup di FB semaksimal mungkin. Tapi kamu juga harus mencermati grup apa saja yang relevan dengan topik blog/website kamu.

Selain itu, cara menyampaikan pesan saat berpromosi pun tak boleh kaku. Bahkan konten yang bertopik pembahasan serius pun bisa kamu ubah dalam bentuk promosi yang ramah dan komunikatif.

Karena prinsip utama dalam melakukan promosi adalah berjejaring, jadi cobalah untuk menjalin interaksi dengan banyak orang melalui sosial media.

Dan mengingat bahwa ada banyak orang yang punya tujuan yang sama dengan kamu, saya juga menyarankan kamu untuk membuat komunitas seperti grup FB yang bisa menyediakan ruang untuk berdiskusi dan berpromosi.

    1. Strategi Promosi dengan Metode Guest Blogging

Promosi agar mendapatkan halaman pertama Google

    Guest Blogging

Oiya, ada satu lagi metode yang terbukti ampuh untuk berpromosi, yaitu guest posting atau guest blogging. Apa sih itu?

Metode yang satu ini banyak dipakai oleh para pemilik blog/website professional. Caranya dengan membuat konten dan mem-posting-nya di blog/web orang lain yang kemudian diakhiri dengan promosi blog/website yang kamu punya.

Selain sebagai sarana promosi, cara yang satu ini bisa membuat kita mendapatkan backlink gratis dan dijamin efektif untuk meningkatkan reputasi blog/website kamu.

Sayangnya, sebagian blogger dan webmaster memanfaat metode ini dengan cara manipulatif. Pihak Google pun menyadarinya dan akan memberi sanksi bagi yang melakukan hal ini.

Untuk menghindari jeratan peringatan dan sanksi tersebut, kamu bisa melakukan:

  1. Hindari guest blogging di banyak tempat dalam waktu bersamaan. Akan lebih baik jika kamu menjadwalnya secara teratur.
  1. Kualitas Konten. Hukumnya wajib. Apalagi status kamu adalah sebagai tamu. Akan sangat memalukan jika ternyata postingan buatan kamu tidak memenuhi standar
  1. Hindari tawaran jasa. Mungkin kamu menjumpai tawaran untuk melakukan guest blogging dengan harga tertentu. Padahal, menurut saya guest blogging itu nilainya bukan hanya sekedar uang, tapi lebih mirip penghargaan khusus.
  1. Sebaliknya, jangan pula menawarkan biaya untuk Guest Blogging ke pihak lain.
  1. Reputasi blog/website. Tentu saja kamu tidak bisa asal pilih blog/website untuk dijadikan tempat guest blogging. Usahakan pilih yang relevan atau satu visi dengan kamu.

Nah, itulah beberapa strategi promosi yang bisa kamu coba. Jika kamu rajin mempromosikan blog/website kamu, maka kesuksesan pun akan lebih mudah kamu raih.

Karena sepertinya semua mengenai konsep dasar supaya blog/website bisa masuk halaman pertama google sudah terjelaskan, jadi perjumpaan kita sampai di sini dulu.

Jika kamu membaca konten ini dari awal hingga bagian ini, itu berarti kamu sudah membaca artikel sepanjang 3,318 kata. SELAMAT!!

Untuk menutup artikel ini, saya akan menarik beberapa kesimpulan dari ulasan-ulasan saya di atas.

Kesimpulan

Pertama, perhatikan dulu aspek kenyamanan yang blog/website kamu miliki, karena jika para pembaca merasa tidak nyaman, bisa menurunkan reputasimu.

Kedua, tingkatkan mutu atau kualitas konten berdasarkan keyword yang ditargetkan. Konten yang bermutu bisa meningkatkan kredibilitas blog/website milikmu.

Ketiga, dapatkan banyak backlink sesuai strategi yang sudah saya sebutkan di atas. Backlink akan lebih mudah didapatkan jika kesimpulan yang pertama dan kedua sudah kamu penuhi.

Keempat, selalu gunakan teknik promosi yang ideal. Jangan pernah malas, malu atau bahkan menyerah selama mempraktekkan teknik promosi. Target halaman pertama google hanya bisa tercapai kalau banyak orang yang tahu blog/website milikmu.

Jadi, demikianlah postingan saya kali ini. Semoga kamu suka dengan tulisan yang saya buat.

Tolong Berikan FeedBack

Kalau memang kamu suka dengan tulisan saya ini, langsung saja share di akun sosmed kalian atau berlangganan dengan blog ini. Subscribe formnya ada di widget bagian atas. Silahkan di-scroll!!

Kalau kamu tidak suka, langsung ungkapkan apa yang tidak kamu suka pada kolom komentar di bawah atau mengirimkan email ke saya melalui kontak form yang ada di atas tadi.

Selamat tinggal. Sampai jumpa pada postingan berikutnya!!

Insya Allah pada postingan selanjutnya, saya akan membahas secara lengkap dan mendalam mengenai cara tepat menemukan keyword.

Iklan

7 thoughts on “Halaman Pertama Google: Konsep Dasar Untuk Blog/Website

  1. sebelumnya saya minta maaf nih, itu artikel di atas ada salah satu kata yang salah, yang seharusnya “tepat” tetapi anda menulisnya “tetpa”. Tapi saya puas sekali baca postingan diatas penjelasannya super lengkap. Sukses terus DaengSEO

    Suka

Berkomentarlah dengan cerdas ..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s